Newsfeed

Apa Itu Solar System?

Sistem Energi Surya (Solar System) adalah salah satu dari energi terbarukan(renewable energy). Matahari(surya) adalah energi yang dijumpai dalam sistem galaksi , yang menghasilkan energi yang dikumpulkan langsung dari cahaya matahari. Salah satu contoh pemanfaatan solar system adalah solar home system dimana energi dari matahari diubah menjadi energi listrik untuk kehidupan dan kebutuhan manusia setiap harinya.

Solar home system
Pada dasarnya Solar Home System adalah bentuk applikasi dari tenaga surya, pembangkit listrik tenaga surya itu konsepnya sederhana. Yaitu mengubah cahaya matahari menjadi energi listrik. Sumber daya alam matahari sudah banyak digunakan untuk memasok daya listrik di satelit komunikasi panel surya. Sel surya ini dapat menghasilkan energi listrik dalam yang tidak terbatas langsung diambil dari matahari, tanpa ada bagian yang berputar dan tidak memerlukan bahan bakar. Sehingga sistem sel surya sering dikatakan bersih dan ramah lingkungan.
Sistem sel surya yang digunakan dipermukaan bumi terdiri dari panel surya, rangkaian kontroler pengisian (charger controller) dan aki (batere) 12 Volt yang maintenance free. Panel surya merupakan modul yang terdiri dari beberapa sel surya yang digabung dalam hubungkan seri dan pararel tergantung ukuran dan kapasitas yang diperlukan. yang sering digunakan adalah modul 50Wp. modul surya itu menghasilkan energi listrik yang proposional dengan luas permukaan panel yang terkena sinar matahari.

“Komponen-Komponen Solar Home System”

1. Solar Modul
2. AC Module
3. Controller
4. Battrey/Accu

Beban listrik untuk solar home system pada umumnya hanya berupa lampu hemat energi karena untuk beban yang cukup besar panel surya belum mampu memenuhinya. Maka dari itu panel surya hanya cocok untuk daerah yang terpencil yang belum mendapat pasokan listrik dari PLN. Karena umumnya mereka hanya membutuhkan penerangan untuk menunjang kelayakan hidup mereka.